Rabu, 10 Februari 2016

Marketplace Khusus Jual-Beli Data

Bisnis online memang lagi menjamur. Hampir semua sektor sudah dimasuki bisnis online. Begitu juga marketplace. Nah sekarang hadir nih marketplace baru khusus untuk jual-beli data.

Namanya, Datapedia marketplace (jual-beli data) merupakan fitur unggulan dari duniaindustri.com yang dapat menghubungkan korporasi ataupun perseorangan (user) yang membutuhkan data, analisis, ataupun riset dengan siapa pun yang memiliki data bernilai. Data dalam fitur ini dapat beragam mulai dari data marketing, data produksi, data penjualan, tren pasar, pangsa pasar, ekspor-impor, utilisasi, hingga kontak perusahaan (foreign buyers), dan lainnya.

Data, analisis, riset tersebut dapat terkait seluruh sektor industri di Indonesia, dari industri keuangan seperti perbankan, multifinance, asuransi, reksadana, pasar modal, industri infrastruktur dan konstruksi, industri transportasi darat-udara-laut, industri pertanian (beras, jagung, gandum, sagu, dan lainnya), industri perkebunan (kelapa sawit, teh, kopi, kakao, tebu, tembakau, karet, dan lainnya), industri kehutanan, industri manufaktur (agro, tekstil, baja, petrokimia, makanan dan minuman, rokok, barang konsumsi, otomotif, elektronik, alas kaki, alat berat, perkapalan, pulp dan kertas, dan lainnya), industri ritel dan perdagangan, industri pertahanan, industri maritim, kelautan, dan perikanan, industri teknologi dan informasi, industri pariwisata, industri perhotelan, industri properti, industri sumber daya mineral (batubara, nikel, timah, emas, bauksit, uranium, dan lainnya), serta sektor industri lainnya.

User (pihak yang membutuhkan data-analisis-riset-informasi tertentu) dapat melisting kebutuhannya melalui duniaindustri.com. User (pembeli data) dapat melakukan kontes kebutuhan data dengan membuka peluang bagi siapapun untuk mencari data yang sesuai.



Di sisi lain, duniaindustri.com membuka kesempatan bagi siapa saja yang memiliki data bernilai untuk melisting (menjualnya) melalui fitur ini. Pemilik data dapat menjelaskan secara rinci datanya untuk dilisting. Jika terjadi transaksi, duniaindustri.com akan menjadi penengah untuk mengecek, memvalidasi, dan membuat kriteria tertentu yang disetujui pembeli data (user) dan penjual data (pemilik data).

Keunggulan:
1. Identitas pemilik data dan user dirahasiakan dan dijaga oleh duniaindustri.com terutama terkait persaingan bisnis dan kompetisi pasar.
2. User dapat membuat kontes pencarian data untuk menarik kesempatan penelusuran data dari publik secara luas, sehingga memudahkan pencarian data.
3. Transaksi jual-beli data akan menguntungkan kedua pihak, baik user maupun pemilik data.

Dengan fitur ini, siapa saja diberi peluang untuk menjual kepemilikan datanya sesuai ketentuan yang berlaku antara lain:
1. Tidak menjual data rahasia negara atau yang melanggar peraturan yang berlaku.
2. Pemilik data harus memvalidasi datanya sesuai sumber-sumber kompeten, agar tidak menimbulkan tudingan data fiktif.
3. User dapat me-refund dana untuk kebutuhan pembelian data jika terdapat ketidakcocokan, sesuai penilaian duniaindustri.com.
4. User dan pemilik data wajib tunduk pada aturan hak cipta dan hak paten terkait data tertentu.
Saat ini duniaindustri.com menghimpun lebih dari 1000 ukm dan lebih dari 10.000 basis user baik secara perorangan maupun perusahaan, serta industrial agent dari 10 negara di dunia, seperti Korea Selatan, Jepang, Eropa, Dubai.

Jika Anda butuh data, lengkapi form berikut ini:
1. Nama lengkap, nama panggilan
2. Email dan nomor telpon
3. Bujet yang dianggarkan
4. Rincian data
5. Informasi khusus

Jika Anda memiliki data yang dianggap bernilai (pemilik data), Anda dapat melistingnya dengan mengisi form berikut ini: (file asli hanya diserahkan jika ada user yang menghendaki)
1. Nama lengkap, nama panggilan
2. Email dan nomor telpon
3. Harga yang diinginkan.
4. Rincian data (berapa halaman, penjelasan isi data, contoh data yang akan ditampilkan, sumber)
5. Informasi khusus

* Transaksi dalam fitur datapedia antara user dan pemilik data wajib melalui duniaindustri.com untuk verifikasi dan validitas data.
** Untuk kebutuhan verifikasi dan validitas data, dikenakan biaya administrasi yang ditetapkan duniaindustri.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar